Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google, Amazon, dan Microsoft Nikmati Kenaikan Laba

Kompas.com - 01/05/2017, 19:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber BBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Laba raksasa-raksasa teknologi Amerika Serikat berhasil mencapai peningkatan laba pada periode kuartal I 2017.

Beberapa perusahaan teknologi yang meraup laba bersih cukup signifikan antara lain Google, Amazon, dan Microsoft.

Mengutip BBC, Senin (1/5/2017), laba induk perusahaan Google, Alphabet, melonjak 28 persen secara tahunan (yoy) menjadi 5,4 miliar dollar AS. Peningkatan laba ini didorong oleh peningkatan pendapatan iklan pada ponsel dan layanan video YouTube.

Sementara itu, laba Amazon melesat lebih dari 40 persen menjadi 724 juta dollar AS pada kuartal I 2017. Ini adalah kuartal kedelapan perolehan laba bagi Amazon.

Microsoft juga mencatatkan pertumbuhan laba hampir 28 persen. Adapun laba produsen cip dan perangkat komputer Intel meroket 45 persen.

Amazon menyatakan, laba didorong oleh penjualan layanan web dan langganan ritel, seperti misalnya Amazon Prime. Amazon juga menyoroti kegiatan bisnis internasionalnya, termasuk ekspansi di India, Meksiko, dan Inggris.

"Meskipun penjualan Amazon tumbuh 23 persen pada kuartal ini, namun laju pertumbuhan pada raksasa online tersebut masih lebih lambat dibandingkan pada tahun fiskal sebelumnya," ujar Neil Saunders, direktur pelaksana GlobalData Retail.

Pertumbuhan bisnis yang dipandang cenderung melambat tersebut menurut Saunders disebabkan oleh kurs yang kurang menguntungkan yang pada akhirnya menggerus kontribusi bisnis internasional. Selain itu, ada pula kondisi permintaan yang menantang di Amerika Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com