Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Minta Pengusaha Sawit Tidak Mengakali Pajak

Kompas.com - 02/05/2017, 22:08 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyinggung persoalan pajak saat berbicara dalam acara peluncuran buku Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) sawit.

Salah satu yang ia bicarakan yakni praktik transfer pricing atau upaya mengakali pajak agar membayar pajak lebih kecil dari ketentuan yang berlaku.

"Saya akan melihat dari sisi kepatuhan membayar pajak dan saya berharap pelaku usaha, terutama yang besar, bisa menyampaikan ekspresi atau kepatuhan di dalam membayar pajak sesuai jumlah lahan dan produksi," ujarnya, Jakarta, Selasa (2/5/2017)

"... dan tidak melakukan praktik transfer pricing yang sangat tidak adil bagi Republik Indonesia," sambung perempuan yang kerap disapa Ani itu.

Selama ini, persoalan praktik transfer pricing kerap didengungkan pemerintah. Sebab praktik tersebut sama saja dengan kecurangan membayar pajak.

Padahal, pemerintah sendiri sedang gencar meningkatkan penerimaan pajak. Hal itu menyusul semakin besarnya kebutuhan biaya pembangunan infrastruktur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com