Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mall Sediakan Tempat untuk UMKM

Kompas.com - 08/05/2017, 21:38 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mengklaim telah menyediakan tempat bagi pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menjajakan produk-produknya di pusat perbelanjaan atau Mall.

Bahkan, kata dia, beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta telah menyediakan tempat atau corner khusus bagi pengusaha UMKM.

(Baca: Aturan Tempat Khusus UMKM di Pusat Perbelanjaan Segera Terbit)

"Menurut saya kalau mall kelas-kelas tertentu masih bisa. Di kelas menengah ke bawah rata-rata UMKM masuk situ (Mall)," ujar  Ketua Umum APPBI Stefanus Ridwan saat ditemui di Hotel Sheraton Jakarta, Senin (8/5/2017).

Stefanus mengungkapkan, salah satu pusat perbelanjaan yang telah mempunyai corner khusus untuk UMKM yakni, Kota Kasablanka. Selanjutnya, terang dia, beberapa pusat perbelanjaan seperti Gandaria City akan menyusul Kota Kasablanka untuk mempunyai corner khusus UMKM.

Terkait dengan biaya, menurut Stefanus, APPBI tidak memungut biaya sewa tempat dari pengusaha UMKM. Pengusaha UMKM, kata dia, hanya membayarkan biaya servis (Servis Charge) yang digunakan untuk operasional pusat perbelanjaan.

"Mereka nggak bayar tarif, mereka cuma bayar servis charge aja. Itu pun buat operasional, ya cuma beberapa ribu aja, murah banget itu," jelas dia. 

Selain UMKM, tutur Stefanus, APPBI juga mengajak para pedagang makanan kaki lima untuk mengisi pusat jajanan di mall.

"Kita kantin sudah mulai, beberapa ada yang bikin seperti itu. kita juga menampung kaki lima," tandasnya. 

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita meminta kepada Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyediakan tempat khusus bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di pusat perbelanjaan atau mall. 

Hal ini, agar produk-produk UMKM dalam negeri lebih dikenal dan dikonsumsi masyarakat, dibandingkan produk luar negeri.

"Saya tidak ingin masyarakat menerima produk dari luar negeri, yang kita tidak tahu kualitasnya. Saya mohon ada suatu kesepakatan dari APPBI agar berikan space (tempat) untuk UMKM," ujar Mendag Enggartiasto. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com