Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengemudi Go-Jek Berpeluang Kredit Rumah di Lokasi Ini

Kompas.com - 09/05/2017, 19:20 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Bank Tabungan Negara (BTN) Handayani menjelaskan ada beberapa daerah yang dipersiapkan untuk program kredit pemilikan rumah (KPR) bagi para pengemudi atau mitra Go-Jek. Handayani mengatakan, instansinya mengajak sekitar 12 pengembang untuk menjalankan program tersebut.

"Jadi ada beberapa lokasi alternatif. Yakni di Bekasi, Tangerang, Bogor, Depok, Ciputat, dan Cikarang," kata Handayani, dalam konferensi pers yang diselenggarakan di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2017).

Handayani menjelaskan, sebagian pengemudi Go-Jek memilih lokasi rumah di Ciputat, Bogor, dan Tangerang. Pasalnya, kata dia, lokasi-lokasi itu jaraknya dekat dengan customer. Sedangkan rumah yang diperuntukkan bagi para pengemudi Go-Jek ini tipe 26-31 dengan luas tanah 60-70 meter.

"Rumah itu terdiri dari dua kamar tidur, satu ruang keluarga, dan satu kamar mandi. Kalau pengemudi punya cukup uang, bisa membangun dapur," kata Handayani.

Dia mengatakan, rumah-rumah ini didesain menarik dan tidak dibangun sembarangan. Pembangunan dilakukan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Sebanyak 1.200 pengemudi Go-Jek yang menabung dan tertarik mendapatkan program ini.

Sebanyak 972 pengemudi diantaranya sudah dinyatakan lolos pengecekan persyaratan Bank Indonesia. Pengemudi Go-Jek dapat memiliki rumah dengan down payment (DP) 1 persen dan suku bunga sebesar 5 persen.

Uang muka dan suku bunga itu bersifat tetap selama 20 tahun. Untuk mendapatkan fasilitas ini, pengemudi cukup menyicil atau menabung sebesar Rp 42.000 tiap harinya selama 20 tahun. Hingga kini, baru mitra Go-Jek yang bekerja di kawasan Jabodetabek yang berpeluang mendapat akses ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com