Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Dua Emiten Baru Melantai di Bursa Efek Indonesia

Kompas.com - 10/05/2017, 10:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua perusahaan hari ini melakukan pencatatan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan mekanisme initial public offering (IPO) alias penawaran umum perdana.

Kedua emiten baru tersebut adalah PT Pelayaran Tamarin Samudra Tbk (TAMU) dan PT Cahayasakti Investindo Sukses Tbk (CSIS).

Pencatatan saham perdana dilakukan hari ini, Rabu (10/5/2017). Dengan demikian, TAMU dan CSIS adalah emiten keenam dan ketujuh yang melantai di BEI pada tahun 2017 ini.

TAMU adalah perusahaan yang bergerak di bidang layanan pendukung kegiatan offshore. Bertindak sebagai penjamin emisi adalah PT Investindo Nusantara Sekuritas dan PT Sinarmas Sekuritas.

Jumlah saham yang ditawarkan TAMU adalah 750 juta lembar saham dengan harga yang ditawarkan adalah Rp 110 per lembar saham. Adapun target dana perolehan dari IPO adalah Rp 82,5 miliar.

Dana tersebut seluruhnya akan digunakan untuk modal usaha guna mendukung operasional harian perseroan. Ini misalnya adalah pembiayaan terkait perlengkapan dan pasokan untuk offshore.

Sementara itu, CSIS adalah perusahaan di bidang pengembangan properti melalui subsider, layanan furnitur, dan konstruksi umum. Bertindak sebagai penjamin emisi adalah PT Ciptadana Sekuritas Asia.

Jumlah saham yang ditawarkan CSIS adalah sebanyak 207 juta lembar saham dengan harga ditawarkan Rp 300 per lembar saham.

Target dana perolehan dari IPO adalah Rp 62,1 miliar. 78 persen dari dana tersebut akan digunakan untuk modal kerja operasional perseroan, yakni terkait konstruksi dan pendukung, seperti subkontraktor, pembelian bahan baku, dan pembayaran jasa konsultan.

Adapun 10 persen dari dana digunakan untuk pembayaran utang kepada PT Bank China Construction Bank Indonesia Tbk.

Sementara itu, 12 persen dari dana IPO akan digunakan CSIS sebagai belanja modal atau capital expenditure (capex). Ini akan digunakan untuk membeli perlengkapan konstruksi seperti tower crane, dump truck, loader, pile driver, dan sebagainya.

(Baca: BEI Targetkan Kapitalisasi Pasar Tahun Ini Tembus Rp 6.600 Triliun)

Kompas TV Bursa Efek Indonesia, semakin gencar merangkul investor muda dengan membuka galeri investasi di Universitas Multimedia Nusantara. Galeri investasi yang diresmikan ini menjadi yang pertama dibuka dari target 60 galeri. Selanjutnya galeri investasi serupa akan dibangun di kampus lain. Sampai saat ini BEI mencatat 8% dari total investor yang merupakan rentang usia 20-40 tahun. Maka, mahasiswa masuk dalam golongan besar ini sudah ada sekitar 20 mahasiswa UMN yang berinvestasi saham

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com