Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo II Incar Dana Rp 6 Triliun dari IPO Tiga Anak Usaha

Kompas.com - 11/05/2017, 17:36 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) menargetkan dana yang didapatkan dari penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) tiga anak usahanya sebesar Rp 6 triliun. 

Ketiga anak usaha Pelindo II yang akan melantai bursa yakni, PT Jasa Armada Indonesia (JAI), PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP).

Direktur Utama Pelindo II, Elvyn G Masassya menerangkan, dana yang diraih akan digunakan untuk mengembangkan anak-anak usaha lainya. Nantinya, saham yang dilepas dari ketiga anak usaha tersebut sebanyak 30 persen.

"Ada rencana melakukan IPO anak usaha kita pada 2017 dan 2018 yang total profitnya Rp 6 triliun. Itu bisa digunakan mengembangkan usaha kita dengan dana tersebut, " ujar Elvyn saat ditemui  di Hotel Sofitel Nusa Dua Bali, Kamis (11/5/2017).

Elvyn mengungkapkan, anak usahanya yang terdekat untuk melakukan IPO adalah JAI. Saat ini, jelas dia, prosesnya dalam tahap kajian dari penasihat keuangan terkait berapa nilai nominal saham yang akan dilepas. 

"Kami harapkan listingnya, pada bulan oktober atau kuartal IV 2017," kata dia.

Sementara itu, untuk kedua anak usaha lainnya yakni IKT dan PTP direncanakan akan melantai bursa pada 2018. Namun sayangnya, Elvyn tidak memberitahukan progres dari kedua anak usaha tersebut. 

Sekadar informasi, Pelindo II merupakan salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjadi perator pelabuhan di Indonesia. Saat ini Pelindo II telah memiliki 16 Anak usaha. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com