Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akan Ada Tanggul dan Pulau Reklamasi, Bagaimana Nasib Nelayan di Teluk Jakarta?

Kompas.com - 12/05/2017, 18:38 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nasib nelayan menjadi salah satu isu yang diperhatikan terkait rencana pembangunan tanggul laut raksasa atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD).

Dalam perbincangan dengan Kompas.com, Rabu (10/5/2017), Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menjelaskan nasib nelayan di Teluk Jakarta sebagai salah satu aspek yang paling dibahas dalam kajian.

Sebab, nantinya akan ada pulau reklamasi serta pembangunan tanggul di Teluk Jakarta.

"(Nasib nelayan) dibahas, sangat dibahas. Yang pasti, nelayan akan kami perhatikan," kata Bambang.

Bappenas mengusulkan pembangunan sentra perikanan terpadu di salah satu pulau reklamasi atau bagian tanggul laut tersebut.

Selain itu, kata dia, nelayan juga akan diberikan unit rumah susun. Kemudian pembangunan pelabuhan, tempat pelelangan ikan, cold storage, dan lain-lain.

"Sehingga nelayan tidak harus hidup di tempat yang sekarang. Karena tempat yang sekarang, menurut kami juga tidak layak untuk nelayan," kata Bambang.

Nantinya, pihak yang bertanggungjawab mengenai pemberian fasilitas bagi nelayan adalah Pemprov DKI Jakarta dan Pemprov Banten. Bambang memprediksi, pembangunan fasilitas bagi nelayan tak membutuhkan anggaran yang besar. Sehingga dapat menggunakan APBD.

"Enggak mahal itu kalau bangun rusun. Misalnya nelayan yang kena di wilayah DKI, ya tanggungan Pemda DKI pakai APBD DKI. Kalau di Banten ya tanggungan Pemprov Banten," kata Bambang.

Pemprov DKI Jakarta merencanakan pembangunan rusun bagi nelayan di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara.

Rusun bagi nelayan ini baru dapat terealisasi setelah Pemprov DKI Jakarta menyelesaikan pembangunan tanggul di kawasan Muara Baru. Rencananya, tanggul akan membentang hingga Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman.

Nantinya akan ada tempat bersandar kapal nelayan dan penyimpanan ikan dibangun di Muara Baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com