Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Tawarkan Proyek Tiga Daerah ke Xi Jinping

Kompas.com - 15/05/2017, 17:29 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menawarkan sejumlah proyek di tiga kawasan kepada Presiden China Xi Jinping di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Belt and Road Forum International, di Beijing, Minggu (14/5/2017).

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menuturkan, tiga kawasan ini dipilih lantaran dinilai memiliki kesiapan yang lebih baik dibandingkan kawasan lainnya.

"Kita melihat kesiapan dari masing-masing kawasan ini," ujar Darmin di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (15/5/2017).

Proyek-proyek yang ditawarkan berada di tiga kawasan yakni Provinsi Sumatera Utara meliputi fasilitas Pelabuhan Kuala Tanjung dan akses jalan dari Kota Medan hingga Sibolga.

Selain itu ada juga proyek yang ditawarkan di Sulawesi Utara meliputi infrastruktur di Bitung-Manado-Gorontalo melalui akses jalan, jalur kereta api dan pelabuhan serta bandara.

Adapun proyek terakhir yang ditawarkan ke China berada di Kalimantan Utara. Proyeknya adalah proyek energi dan pembangkit listrik. Darmin menuturkan, pemerintah tidak menutup kemungkinan untuk menawarkan proyek lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com