Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Promosikan Pemanduan Kapal Selat Malaka ke Singapura

Kompas.com - 16/05/2017, 20:00 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Selasa (16/5/2017), melakukan kunjungan kerja ke negara tetangga Singapura.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Menhub mempromosikan Pemanduan di Selat Malaka dan Selat Singapura kepada para pemangku kepentingan terkait yakni, perusahaan pelayaran dan operator pelabuhan  yang ada di Singapura. 

"Saya telah meminta pak Dubes Singapura mengundang stakeholders, perusahaan pelayaran dan operator pelabuhan untuk hadir di Kedutaan Besar RI di Singapura. Kami ingin mempromosikan pelayanan jasa pemanduan di Selat Malaka dan Selat Singapura," ujar Menhub Budi Karya dalam keterangannya, Selasa (16/5/2017).

Menhub Budi Karya menuturkan, pemanduan di Selat Malaka dan Selat Singapura bisa juga digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan pelabuhan Kuala Tanjung. 

"Para pandu yang melaksanakan tugas di kapal-kapal asing dapat dibekali pengetahuan tentang Kuala Tanjung, sehingga bisa mempromosikan kepada para nakhoda dan perusahaan pelayaran asing agar nantinya dapat menggunakan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan sandar," jelas dia.

Selain promosi pemanduan, Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini juga memaparkan proyek pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung. 

Dalam paparannya, Menhub Budi Karya menyampaikan, akses ke pelabuhan akan segera dibangun yakni,  jalan tol dan rel kereta api, yang akan menghubungkan dengan wilayah industri di sekitarnya dan akan tersambung sampai ke Medan dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei. 

Di samping itu, terang dia, selain dibangun terminal kontainer dan terminal multiguna, di pelabuhan Kuala Tanjung juga dilengkapi kawasan industri dan perumahan.

Total area yang tersedia di Pelabuhan Kuala Tanjung untuk pembangunan pelabuhan dan kawasan industri serta perumahan mencapai 3.000 hektar.

"Saya berharap agar para stakeholders dapat memanfaatkan jasa yang disediakan oleh Pelindo I tersebut. Sebagaimana diketahui, pemanduan tersebut telah di-launching pada tanggal 10 April 2017 di Batam," imbuh dia.

Adapun, Jasa pemanduan yang disediakan oleh PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) (Pelindo I) adalah Iyu Kecil - Nongsa (70 NM), Horsburgh - One Fanthom Bank (260 NM), Horsburgh - Dumai (220 NM), Horsburgh - Pulau Berhala (425 NM), Horsburgh - Lhokseumawe (540 NM), Horsburgh - Pulau Sabang (680 NM) dan sebaliknya.

Sekadar informasi, dalam kunjugan ke Singapura Menhub Budi Karya ditemani Dubes RI untuk Singapura Ngurah Swajaya, Dirjen Perhubungan Laut A. Tonny Budiono dan Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto.

(Baca: Pelindo I Kelola Jasa Pemanduan Kapal di Selat Malaka?Singapura)

Kompas TV Kemenhub akan Terbitkan Aturan Angkutan Online

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com