Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulan Depan, Rel LRT Palembang Mulai Dipasang

Kompas.com - 21/05/2017, 05:00 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan, pemasangan rel kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) Palembang akan dipasang dalam waktu dekat.

"Bulan depan mulai dipasang (relnya)," ujar Menhub Budi Karya di sela-sela tinjauannya ke proyek pembangunan LRT di Palembang, Sabtu (20/5/2017).

Saat ini sekitar 55 persen rel untuk LRT Palembang sudah tersedia. Nantinya, rel itu akan dipasang secara bertahap hingga Desember 2018. Saat ini, progres proyek dengan total panjang 24,5 km itu baru mencapai 42,6 persen.

Menhub Budi Karya menuturkan, seluruh konstruksi proyek akan tentang pada Desember 2017 dan siap dioperasikan pada Juni 2018.

Menhub sudah meminta adanya percepatan pembangunan LRT. Hal itu dinilai perlu dilakukan untuk memberikan jaminan proyek rampung pada Juni 2018. Dengan begitu, operasional bisa dilakukan sebelum gelaran Asian Games.

Selain itu, percepatan pembangunan juga bisa mencegah adanya keterlambatan penyelesaian proyek akibat faktor cuaca.

Proyek yang bisa dipercepat yakni pembangunan depo dan tiang-tiang pancang. Nantinya LRT Palembang terdiri atas lintas pelayanan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II – Masjid Agung Palembang –Jakabaring Sport City.

LRT Palembang juga akan dilengkapi dengan 13 stasiun dan 9 sub-tasiun, serta memiliki jembatan Sungai Musi dengan bentang sungai 350 meter.

(Baca: Menhub Minta Proyek LRT Palembang Dipercepat)

Kompas TV Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, meninjau proyek pembangunan LRT di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Ahok mengecek kesiapan LRT jelang perhelatan Asian Games 2018. Basuki disambut oleh Direktur Utama PT Jakarta Propertindo, Jakpro, Satya Heragandhi, dan para pejabat Pemprov DKI Jakarta. Ahok melihat papan yang menggambarkan progres pembangunan LRT koridor Kelapa Gading-Velodrome. Basuki juga melihat pembangunan arena balap sepeda dan pacuan kuda. Proyek LRT arena balap sepeda, dan arena pacuan kuda, dikerjakan oleh BUMD DKI Jakarta yakni PT Jakpro. Pembangunan tersebut untuk menunjang perhelatan Asian Games 2018. Jakarta akan menjadi tuan rumah bersama dengan palembang pada ajang Asian Games 2018 tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com