Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Patungan Krakatau Steel dan Osaka Steel Siap Beroperasi

Kompas.com - 25/05/2017, 08:00 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan, salah satu pabrik baja milik Osaka Steel Ltd, dan PT Krakatau Osaka Steel siap beroperasi pada Juli 2017 mendatang.

Hal itu diungkapkan Airlangga saat melakukan pertemuan dengan Osaka Steel Co. Ltd di Kantor Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Jakarta, Kamis (24/5/2017).

Airlangga mengatakan, dalam pertemuan tersebut pihak Osaka Steel menjelaskan kepada dirinya bahwa pabrik baja yang terletak di Cilegon, Banten telah siap diresmikan dan kemudian beroperasi.

"Osaka Steel mau peresmian tanggal 20 Juli setelah lebaran. Kesini lapor sudah siap," ujar Airlangga di Kemenperin, Jakarta, Rabu (24/5/2017).

Menurut Airlangga, pabrik baja yang menelan investasi sebesar Rp 2,8 triliun tersebut akan memproduksi memproduksi baja tulangan, baja profil dan flat bar untuk industri otomotif, dengan kapasitas 500.000 ton per tahun.

Sebelumnya, Presiden Osaka Steel Co Ltd, Junji Uchida, mengatakan Osaka Steel merupakan supplier yang dapat menyuplai baja untuk pembangunan menara transmisi.

Osaka Steel yakin dapat mendukung pembangunan menara transmisi khususnya berkontribusi dalam proyek 35.000 Mega Watt (MW).

Menurutnya perusahaan telah siap untuk menyuplai bahan baku baja kepada banyak konsumen untuk konstruksi menara.

"Kami siap memulai membicarakan dan bertemu banyak kustomer untuk membicarakan ini, ada banyak perusahaan dan pembuat menara," kata Uchida.

(Baca: Krakatau Steel Siap Jalankan Sejumlah Proyek Strategis)

Kompas TV 25 Perusahaan BUMN Merugi Rp 3 Triliun

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com