Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asumsi Pertumbuhan Ekonomi Menjadi 5,3 Persen di RAPBNP 2017

Kompas.com - 31/05/2017, 08:21 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memasukkan angka pertumbuhan ekonomi pada Rancangan APBN Perubahan Tahun 2017 lebih tinggi dibanding asumsi APBN tahun 2017.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, untuk RAPBNP 2017, pemerintah mengasumsikan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen. Angka itu lebih tinggi 0,2 persen dibandingkan asumsi APBN 2017 yang sebesar 5,1 persen.

"Kita bisa mencapai (pertumbuhan ekonomi) 5,3 persen. Tentu ini suatu tantangan yang tidak mudah," ujar Sri di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Selasa (30/5/2017).

Faktor ekspor, impor serta investasi, menurut Sri, bakalan menjadi penopang asumi pertumbuhan sebesar 0,2 persen tersebut. Namun pemerintah tetap mesti mewaspadai pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua hingga keempat 2017.

Demi mencapai angka asumsi pertumbuhan ekonomi 5,3 persen itu, produk domestik bruto harus dijaga agar tetap terus tumbuh di rata-rata 5,4 persen.

Dari sisi penerimaan negara, pemerintah memperkirakan, naiknya harga minyak mentah yang kini mencapai harga rata- rata 50 dollar AS masih bisa menutupi estimasi pertumbuhan pajak 2017 yang tidak sesuai harapan.

Selain itu, dari sisi belanja, Sri mengatakan Presiden Joko Widodo telah mewanti jajaran Kabinet Kerja untuk mengurangi komponen belanja barang. Salah satu contohnya perjalanan dinas.

"Kami memperkirakan ada sekitar Rp 16 triliun yang dapat kita sisir dari belanja barang ini yang kemudian akan kami alokasikan ke yang lain," ujar Sri.

Selengkapnya, Sri akan menyampaikan RAPBNP 2017 kepada DPR RI pada awal Juni 2017 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com