Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Berita Populer Ekonomi: Perjuangan Afi, Sri Mulyani yang Ghaib dan Curhat Susi

Kompas.com - 02/06/2017, 06:11 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki pekan pertama bulan Ramadhan ini, Indonesia didera kasus persekusi yang menguat di sejumlah daerah. Kasus ini membayangi sosok Afi, remaja asal Banyuwangi, Jawa Timur yang cerdas menyuarakan isi hatinya melalui Facebook.

Belakangan, Afi didera kasus plagiarisme, atau mencontek, pada salah satu status Facebook-nya yang berjudul "Belas Kasih dalam Agama Kita."

Benarkah pemudi cerdas ini melakukan aksi plagiarisme?

Di sisi lain, wanita cerdas lain juga mengungkapkan isi hatinya terkait kebijakan pemberantasan illegal fishing dan penggantian alat tangkap cantrang yang selalu diributkan oleh anggota DPR.

Wanita itu tak lain yakni Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Bagaimana isi curahan hati menteri asli Pangandaran ini?

Wanita cerdas lain juga mengalami kebingungan saat keberadaanya dinilai ghaib oleh salah satu mantan menteri kabinet kerja. Wanita tersebut adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani. Sementara mantan menteri yang dimaksud adalah Rizal Ramli.

Kenapa Sri Mulyani disebut ghaib oleh Rizal Ramli?

Berikut lima berita populer di kanal ekonomi Kompas.com yang layak Anda baca ulang di pagi ini:

KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO Sri Mulyani.
1. Sri Mulyani yang Ghaib

Saat dipanggil Komisi XI DPR terkait proses pemilihan pimpinan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Rizal Ramli menyebut kehadiran sejumlah menteri termasuk Sri Mulyani di Pansel OJK merupakan hal yang ghaib.

(Baca: Pansel Calon Pimpinan OJK Dikritik, Ini Kata Sri Mulyani)

Menteri Keuangan Sri Mulyani justru bingung dan mempertanyakan balik pernyataan mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli soal panitia seleksi (pansel) pimpinan OJK.

Baca selengkapnya di sini: Keberadaannya Disebut Ghaib oleh Rizal Ramli, Sri Mulyani Bingung

2. Afi Vs Plagiarisme

Benarkah seorang remaja cilik bernama Asa Firda Nihaya, pemilik akun bernama Afi Nihaya Faradisa melakukan plagiarisme status dari tulisan serupa dari seseorang yang memiliki akun Facebook yang bernama Mita Handayani?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com