Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbankan Indonesia Bakal Bisa Beroperasi di Filipina

Kompas.com - 02/06/2017, 13:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menandatangani Letter of Intent (LoI) dengan bank sentral Filipina Banko Sentral ng Pilipinas.

Kerja sama ini merupakan permulaan dari proses untuk menegosiasikan Bilateral Agreement ASEAN Banking Integration Framework (ABIF) alias bingkai kerja integrasi perbankan ASEAN.

"Kerja sama dengan Filipina diharapkan dapat membuka jalan bagi ekspansi perbankan Indonesia ke Filipina," kata Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I OJK, Sukarela Batunanggar di Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Menurut Sukarela, kedua negara memiliki kemiripan kondisi sosio-ekonomi dengan tren pertumbuhan ekonomi yang tercepat di antara negara ASEAN lima lainya.

Selain pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat, saat ini Indonesia dan Filipina memiliki penduduk yang mayoritas berada di umur produktif.

Selain itu, sektor perbankan Indonesia dan Filipina dinilai memiliki beberapa kemiripan indikator keuangan, di antaranya rasio kredit domestik terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di kisaran 33,8 persen dan 43,6 persen di tahun 2016 dengan didukung oleh permodalan yang kuat.

Di sisi lain, volume perdagangan Indonesia dan Filipina masih di bawah nilai perdagangan Indonesia ke negara lain.

Pada 2016 ekspor Indonesia ke Filipina kurang dari empat persen total ekspor Indonesia dan impor Indonesia dari Filipina kurang dari satu persen total impor Indonesia.  

"Diharapkan negosiasi Bilateral Agreement dengan Banko Sentral ng Pilipinas dapat diselesaikan dalam waktu dekat, sehingga dapat menunjang nilai perdagangan antarnegara," ujar Sukarela.

Sebelum kerja sama dengan Filipina, Indonesia telah melakukan kerja sama untuk memulai ABIF dengan Bank of Thailand dan Bank Negara Malaysia.

Adanya kerja sama ini diharapkan meningkatkan kehadiran dan peran bank di ASEAN dengan mengurangi hambatan dalam akses pasar antar negara ASEAN.

(Baca: OJK Dorong Implementasi ABIF dengan Singapura)

Kompas TV OJK: Perbankan Harus Ketatkan Sistem Keamanan Internet
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com