Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Perusahaan Indonesia Dapat Penghargaan Inovasi CSR Tingkat Asia

Kompas.com - 03/06/2017, 15:18 WIB
Sri Noviyanti

Penulis


BANGKOK, KOMPAS.com—
Empat perusahaan asal Indonesia masuk daftar penerima penghargaan Asia Responsible Entrepreneurship Award (AREA) 2017, Jumat (2/6/2017). Penghargaan ini datang dari Enterprise Asia.

Keempat perusahaan tersebut adalah PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, PT Combiphar, PT Bhimasena Power Indonesia, dan PT Pembangkitan Jawa Bali.

AREA merupakan ajang tahunan yang pada tahun ini sudah digelar untuk kali ketiga. Kriteria penghargaan adalah inovasi program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility atau CSR).

“Kami menyoroti upaya-upaya bisnis untuk mempromosikan perusahaan lewat program tanggung jawab sosial yang manusiawi dan berkelanjutan,” ujar Chairman of Enterprise Asia, Tan Sri Fong Chan Onn, saat memberikan sambutan malam anugerah di Bangkok, Thailand, Jumat malam.   

(Baca juga: Apa Kunci Sukses Usaha pada Abad 21?)

Menurut Fong, sekarang adalah waktu bagi perusahaan membangun budaya kesadaran bertanggung jawab sosial demi melindungi pangsa pasar, para pemegang saham, dan keberlangsungan perusahaan berkelanjutan pada masa depan.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) menerima penghargaan Asia Responsible Entrepreneurship Award (AREA) 2017 atas kategori Social Empowerment, JUmat (2/6/2017) di Bangkok, Thailand.

Pada 2017, penghargaan diberikan dalam 6 kategori, yaitu social empowerment, investment in people, health promotion, green leadership SME CSR, dan responsible bussiness leadership. Total, ada 57 perusahaan yang menerima anugerah untuk tahun ini.

“Ada lebih dari 300 pengajuan program tanggung jawab sosial dari 14 negara di Asia yang telah kami terima,” imbuh Fong.

Dari hidup sehat sampai bantuan pendidikan

Empat perusahaan asal Indonesia yang masuk daftar penerima penghargaaan masuk dari kategori health promotion dan social empowerment.

Wujud inovasinya berbeda-beda, mulai dari edukasi tentang pentingnya hidup sehat, sekolah gratis, hingga pemberdayaan masyarakat.

PT Combiphar, misalnya, memiliki program “COMBI HOPE Healthy Living Education” yang fokus soal upaya mewujudkan hidup sehat di Indonesia pada masa depan.

Berjalan sejak 2014, program ini menekankan tujuan pada peningkatan kemampuan baca tulis dan akses terhadap pendidikan kesehatan bagi generasi muda Indonesia.

Semula, target sasaran program adalah 2.000 siswa di Jakarta, representasi kota besar. Namun, pada tahun pertama program, pesertanya malah sudah melampaui target yaitu diikuti 6.500 pelajar dari 48 SMA di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali.

Lain lagi dengan inovasi PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Lewat program “JAPFA4KIDS” yang dimulai pada 2008, perusahaan ini mencoba mengenalkan, mempromosikan, meningkatkan kesadaran, dan menciptakan sistem di sekolah tingkat dasar, mengenai pentingnya gizi seimbang.

“Kami fokus pada kesadaran hidup bersih dan sehat bagi anak-anak Indonesia, khususnya yang berada di daerah-daerah terpencil,” ujar Corporate Affair Director Japfa, Rachmat Indrajaya, kepada Kompas.com, Jumat.

Hingga 2016, program tanggung jawab sosial itu mencatat penerima manfaat sebanyak 111.942 siswa dan 7.166 guru dari 632 sekolah yang tersebar di 21 provinsi di Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com