Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Lokasi Penukaran Uang Tunai di Luar Jakarta

Kompas.com - 03/06/2017, 21:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) telah menyediakan layanan penukaran uang tunai untuk kebutuhan masyarakat selama periode bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Di DKI Jakarta, lokasi penukaran uang tunai dapat dijumpai di Lapangan IRTI, Monas, Jakarta Pusat.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Suhaedi menjelaskan, kegiatan penukaran uang tunai untuk kebutuhan Ramadhan dan Lebaran sudah dimulai sejak 22 Mei 2017 lalu.

Sebanyak 13 bank akan bergabung dalam kegiatan tersebut di Monas mulai 5 Juni 2017 mendatang. Selain itu, kegiatan penukaran uang tunai juga dilakukan di berbagai kota di Indonesia.

Suhaedi mengungkapkan, lokasi yang dipilih adalah landmark alias lokasi yang mudah dikenali dan dijumpai masyarakat serta menjadi ciri khas. Lokasi penukaran uang antara lain di Tugu Juang di Lampung.

Selain itu, penukaran uang juga dilayani di Lapangan Puputan di Bali dan Masjid Islamic Center di Lhokseumawe, Nanggroe Aceh Darussalam. Di Kalimantan Timur, layanan penukaran uang dilakukan di GOR Segiri. Di Medan, Sumatera Utara, bank sentral melayani penukaran uang di Lapangan Banteng dan di Bandung, Jawa Barat, dilakukan di Alun-alun.

"Penukaran uang di berbagai instansi antara lain dapat dijumpai di Gedung DPR/MPR, Pemerintah Daerah, dan Pemerintah Kota," jelas Suhaedi di Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Di samping itu, bank sentral juga melakukan kas keliling ke pasar, stasiun kereta api, posko mudik, dan sebagainya. Dengan demikian, masyarakat di berbagai wilayah dapat melakukan penukaran uang tunai untuk memenuhi kebutuhan di Hari Raya.

Penukaran uang tunai juga dilayani di Kantor Perwakilan (KPw) BI di setiap provinsi. Selain itu, masyarakat juga dapat melakukan kegiatan penukaran uang tunai di kantor cabang bank terdekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com