Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wimboh Santoso Tak Ingin Posisi Selain Ketua OJK

Kompas.com - 05/06/2017, 19:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wimboh Santoso telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) sebagai calon Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di hadapan Komisi XI DPR RI.

Saat menjalani uji tersebut, Wimboh diajukan pertanyaan mengenai kesediaan dirinya menjadi Anggota Dewan Komisioner OJK jika tak terpilih sebagai Ketua. Pertanyaan tersebut diajukan seusai Wimboh memaparkan program-programnya

"Kalau kami calonkan Bapak sebagai anggota Dewan Komisioner, apakah Bapak bersedia?" demikian pertanyaan yang diajukan, Senin (5/6/2017).

Menjawab pertanyaan tersebut, Wimboh mengaku tidak mengincar posisi lain di luar Ketua Dewan Komisioner OJK. "Jika tidak terpilih, saya akan fokus bekerja di luar OJK saja," ujar Wimboh, yang saat ini menjabat Komisaris Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Wimboh menyatakan, hanya dengan posisi Ketua DK OJK, dia dapat mengaktualisasikan dirinya dengan optimal sebagai birokrat dan profesional berpengalaman di industri keuangan.

Dalam paparannya, Wimboh banyak menekankan mengenai stabilitas industri jasa keuangan dan sinergi antara OJK, Bank Indonesia (BI), dan Kementerian Keuangan. Ia menyatakan, stabilitas sangat penting untuk memitigasi terjadinya potensi krisis keuangan seperti yang terjadi pada 1998 di Indonesia.

Wimboh pun setuju dengan bertahannya pembagian kewenangan makropudensial dan industri perbankan antara OJK dengan BI. Wimboh tidak menekankan pengaturan industri perbankan sepenuhnya harus diambil oleh OJK. Menurut dia, lebih baik ada sinergi antar lembaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com