Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Cabut Lisensi Terbang Qatar Airways

Kompas.com - 07/06/2017, 05:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JEDDAH, KOMPAS.com - Otoritas penerbangan Arab Saudi secara resmi mencabut lisensi maskapai penerbangan Qatar Airways untuk mendarat dan terbang di wilayah negara tersebut. Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi juga memerintahkan maskapai tersebut menutup kantornya dalam 48 jam.

Mengutip BBC, Selasa (6/6/2017), dalam pernyataannya, otoritas penerbangan Arab Saudi juga menyatakan lisensi bagi para pegawai Qatar Airways juga bakal dicabut.

Sebelumnya, Arab Saudi sudah melarang penerbangan dari dan ke Qatar. Semua kebijakan tersebut terkait dengan pemutusan hubungan diplomatik antara Arab Saudi dengan Qatar.

Adapun Qatar Airways sepenuhnya milik pemerintah Qatar dan memiliki 40.000 orang pegawai di seluruh dunia.

Seperti diketahui, Arab Saudi dan beberapa negara Timur Tengah lainnya sudah memutuskan hubungan dengan Qatar. Alasannya adalah negara tersebut diduga mendukung kegiatan terorisme di kawasan Teluk.

Negara-negara tetangga Qatar, termasuk Uni Emirat Arab, juga telah menutup wilayah udara mereka bagi pesawat-pesawat Qatar.

Negara-negara yang memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar adalah Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, Libya, Yaman, dan Maladewa.

Dengan dilarang terbangnya pesawat Qatar di atas wilayah udara Arab Saudi, maka pesawat harus mengambil rute yang tidak langsung. Akibatnya, waktu tempuh menjadi lebih lama. 

(Baca: Ini Solusi Qatar Airways untuk Penumpang Terlanjur Pesan Tiket)

Kompas TV Smith: Konflik Negara Arab-Qatar Berujung Krisis Penerbangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com