Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus Diminati Pemudik

Kompas.com - 08/06/2017, 20:45 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan minat mudik gratis bagi pemudik sepeda dengan menggunakan bus sangat tinggi. Kemenhub mencatat, pemudik yang mendaftar mudik gratis telah melampaui kuota. 

Direktur Angkutan dan Multimoda Kemenhub, Cucu Mulyana mengatakan, dari kuota 7.921 penumpang mudik gratis yang disediakan sebanyak 8.153 penumpang yang terdaftar atau sekitar 102,93 persen. 

"Untuk motor dari kuota 2.457 motor sebanyak 2.504 motor yang terdaftar atau 101,91 persen," ujar Cucu di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Cucu menuturkan, pendaftaran untuk mudik gratis rata-rata telah ditutup di beberapa kota. Akan tetapi, terdapat tiga kota yang pendataran mudik gratis sepeda motor menggunakan bus.

"Hanya Yogyakarta, Purwokerto dan Wonosobo yang pendatarannya masih dibuka," jelas dia. 

Sementara untuk arus balik, juga tidak kalah diminati pemudik. Cucu mengungkapkan, dari kuota penumpang sebanyak 1.980 orang sebanyak 2.304 orang yang mendaftar atau 116,36 persen. Untuk pendaftaran pemudik motor, dari kuota 1.053 motor yang terdaftar sebanyak 1.104 motor atau 104,84 persen. 

Dalam hal ini, Kemenhub telah menyediakan sebanyak ?54 truk dan 976 bus untuk mengangkut sepeda motor dan penumpang yang sudah terdaftar mudik gratis sepeda motor menggunakan bus. 

"Hampir tiap hari ada keberangkatan, tetapi berdasarkan pengalaman, yang daftar berangkatnya tidak sesuai dengan yang tanggal pendaftaran. Kira-kira 20 persen yang tidak sesuai. Ini jadi pelajaran, apakah nanti membuka kuota lagi kita bicarakan lagi," pungkas dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com