Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wings Air Sudah Ajukan Izin Terbang ke Tasikmalaya

Kompas.com - 10/06/2017, 12:49 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan, maskapai penerbangan Wings Air tertarik membuka rute penerbangan ke Tasikmalaya, Jawa Barat. Hal itu menyusul perubahan Bandara Wiriadinata Tasikmalaya dari bandara militer menjadi bandara umum dalam waktu dekat.

"Yang sudah mengirimkan surat perizinan itu dari Wings Air," ujar Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso di Tasikmalaya, Sabtu (10/6/2017).

Menurut Agus, Wings Air mengajukan izin terbang dengan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta ke Bandara Wiriadinata Tasikmalaya. Hanya tutur ia, Kemenhub masih mempertimbangkan slot penerbangannya.

Sebab penerbangan komersial memiliki slot penerbangan yang terbatas. Meski begitu, Agus menuturkan akan sesegera mungkin untuk menyelesaikan persolan itu. Diharapkan dalam waktu satu bulan ke depan, Bandara Wiriadinata bisa segara melayani penerbangan umum.

Bandara Wiriadinata sendiri memiliki panjang landasan 1.200 meter dan rencananya akan diperpanjang hingga 1.600 meter. Terminal penumpangpun akan dibangun sehingga nantinya terminal bandara milik TNI AU dan umum menjadi berbeda.

Rencananya, Bandara Wiriadinata akan menjadi salah satu bagian rute penerbangan di wilayah selatan Jawa. Diharapkan, beroperasinya Bandara Wiriadinata sebagai bandara umum mampu mendongkrak ekonomi Tasikmalaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com