Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suku Bunga Acuan BI Tetap 4,75 Persen

Kompas.com - 15/06/2017, 17:36 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) pada Rabu (14/6/2017) dan Kamis (15/6/2017) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate pada posisi 4,75 persen.

Kebijakan ini berlaku efektif sejak 16 Juni 2017. Adapun suku bunga deposit facility tetap 4 persen. Sementara itu, suku bunga lending facility pun dipertahankan pada posisi 5,50 persen.

"Keputusan tersebut konsisten dengan upaya Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas makroekonomi, sistem keuangan, dan mendukung keberlanjutan pemulihan ekonomi domestik," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara dalam konferensi pers, Kamis sore.

Tirta menjelaskan, bank sentral tetap mewaspadai sejumlah risiko baik dari sisi global maupun domestik. Risiko global yang dimaksud antara lain kenaikan suku bunga acuan AS Fed Fund Rate (FFR) lebih lanjut dan rencana penurunan besaran neraca The Fed.

Selain itu, risiko lain adalah dampak pemilihan umum di Inggris. Penurunan harga komoditas, terutama harga minyak dunia juga terus diwaspadai.

Dari sisi domestik, risiko yang diwaspadai BI adalah dampak penyesuaian komponen harga yang diatur pemerintah alias administered prices terhadap inflasi dan berlanjutnya konsolidasi korporasi dan perbankan.

"Bank Indonesia terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran guna menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. BI juga memperkuat koordinasi bersama pemerintah dalam pengendalian inflasi," ujar Tirta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com