Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah Rute Baru, Citilink Fokus Perluas Pasar Indonesia Timur

Kompas.com - 21/06/2017, 18:35 WIB
Moh. Nadlir

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo, mengatakan bahwa pihaknya akan memperluas pasar Indonesia Timur dengan pembukaan rute baru.

"Bicara masalah penambahan rute. Kita tahun ini akan perluas lagi di area Sulawesi dan ke Indonesia Timur. Jadi tahun ini akan kita buka adalah rute Gorontalo, Ternate, Ambon dan Palu," kata Juliandra di Bandar Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Rabu (21/6/2017).

Penambahan rute itu akan berlaku mulai Juli bulan depan hingga akhir tahun 2017. "Sementara empat rute ini dulu kalau nanti dalam evaluasi berjalan ternyata bisa lebih ya kita tambah," kata dia.

Dengan penambahan rute tersebut, Citilink akan menggandeng sejumlah pemerintah daerah di wilayah Indonesia Timur untuk bekerjasama. "Kita bekerjasama dengan pemerintah setempat. Kemudian baru kita lakukan evaluasi di jam berapa masuknya. Karena itu strategi maskapai penerbangan untuk menentukan jam berapa penerbangan dan datangnya," kata dia.

Juliandra berujar, untuk di Flores Nusa Tenggara Timur, saat ini Citilink sudah sampai di Kupang. Ke depan, pihaknya akan menjangkau juga daerah Waingapu dan Maumere.

"Ke NTT kita masuknya di Kupang. Nanti kita akan latihan juga uji coba untuk Waingapu dan Maumere. Semua dalam evaluasi karena fokus kita sekarang ke arah timur," kata dia.

Sementara itu di wilayah Pulau Jawa. Juliandra menambahkan, Banyuwangi menjadi salah satu daerah yang coba disasar maskapai penerbangannya. Hanya saja, diakuinya sejauh ini terkendala pesawat yang ada.

Baca juga: Citilink Prioritaskan Lima Rute Ini Selama Mudik Lebaran

"Sebetulnya Banyuwangi memang potensi. Pemerintah juga membuka Banyuwangi sebagai akses alternatif selain Bali," ujar Juliandra.

"Tapi kita belum bisa masuk Banyuwangi. Karena kita enggak punya pesawat yang memang bisa mendarat di landasan pendek seperti Banyuwangi," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com