Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Bersiap Menjadi Pusat Penyusunan Kebijakan UMKM Asia

Kompas.com - 29/06/2017, 18:00 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Daerah Khusus Ibukota Jakarta siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuaan tingkat menteri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) se-Asia.

Presiden International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Hermawan Kartajaya mengatakan, melalui penyelenggaraan pertemuan tingkat menteri UMKM se-Asia di Jakarta diharapkan mampu menjadikan Jakarta sebagai pusat penyusunan kebijakan UMKM di Asia.

"Ini adalah inisiatif Indonesia yang disetujui anggota ICSB dari Asia untuk menyelenggarakan suatu ajang tingkat menteri UMKM se-Asia. Diharapkan ini akan menjadikan Jakarta sebagai think-tank hub of MSMEs Policy Making," ujar Hermawan Kartajaya melalui keterangan resmi, Kamis (29/6/2017).

Ia menjelaskan, berdasarkan inisiatif yang telah dicanangkan, penyelenggaraan The First Miniserial Open Forum (MOF) perdana akan digelar di Jakarta pada 7 hingga 8 Mei 2018 di mal Kota Kasablanka.

Menurutnya, konferensi yang akan dipimpin Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga merupakan agenda yang sangat penting. Pasalnya, para pembuat kebijakan akan dapat saling bertukar pikiran dan pengalaman terkait UMKM di Asia.

"Menteri Koperasi dan UKM RI akan menjadi host sekaligus Chair dari lertemuan antar-Menteri se-Asia ini," kata pria yang juga Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM itu.

Ia menambahkan, rencananya program baru itu akan dibuat tiap tahun dengan tempat permanen atau menetap di Jakarta.

"Dengan demikian Jakarta akan menjadi semacam pusat penyusunan kebijakan terkait UMKM di Asia," katanya.

Hermawan sekaligus meminta dukungan seluruh pemangku kepentingan terkait UMKM di Indonesia untuk mendukung Jakarta sebagai pusat penyusunan kebijakan UMKM yang paling diperhitungkan baik di Asia maupun dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com