Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H+6 Lebaran, 596.660 Pemudik dari Sumatera Kembali ke Jawa lewat Merak

Kompas.com - 02/07/2017, 20:17 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga H+6 Lebaran, belum semua pemudik tujuan Sumatera kembali ke Jawa.

Berdasarkan data PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), baru 596.660 orang atau 63 persen pemudik yang kembali ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni-Merak hingga Minggu (3/7/2017) pukul 12.00 WIB.

Padahal total penumpang saat arus mudik lalu yang menyeberang ke Sumatera melalui Merak-Bakauheni sejak H-10 hingga hari H Lebaran sebanyak 943.371 orang. Sehingga, masih 346.381 orang lagi yang belum kembali dari Sumatera ke Jawa.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi mengatakan, arus balik yang melalui Pelabuhan Merak akan relatif bertahap meski puncaknya akan terjadi hari ini.

"Memang arus puncak hari ini tidak akan 100 persen karena libur sekolah masih panjang. Arus balik akan terdistribusi hingga pekan depan," ujarnya dalam keterangan pers.

Sementara itu, total kendaraan (roda 4 dan roda dua) yang sudah kembali dari Sumatera ke Jawa sebanyak 127.520 unit, atau sekitar 65 persen dari total kendaraan yang menyeberang saat arus mudik lalu sebanyak 197.250 unit.

PT ASDP tutur Faik sudah menyiapkan strategi agar tidak terjadi penumpukan penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Merak pada arus balik ini. Misalnya dengan mempercepat proses bongkar muat kapal dari waktu normal 1 jam menjadi hanya 45 menit.

Selain itu, ASDP juga mengoperasikan kapal roll on-roll off (roro) berukuran besar. Setidaknya dari total 36 kapal yang dioperasikan, 24 unit di antaranya kapal berukuran besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com