Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Yakin Penggunaan Transaksi Nontunai di Tol Bisa 100 Persen

Kompas.com - 03/07/2017, 16:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembayaran di seluruh gerbang tol dapat mencapai 100 persen pada Oktober 2017 mendatang.

Oleh sebab itu, dilakukan uji coba di beberapa ruas tol selama periode mudik Lebaran. Pada tahun 2016 lalu, penggunaan transaksi nontunai dalam pembayaran di gerbang tol baru mencapai 23 persen.

Akan tetapi, angka tersebut meningkat menjadi 26 persen pada periode mudik hari raya Idul Fitri 1438 H lalu.

"Kami mengikuti terus (perkembangan transaksi nontunai di gerbang tol). Tahun lalu pembayaran nontunai masih 23 persen," kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo di Jakarta, Senin (3/7/2017).

Agus menyatakan, pihaknya beserta Kementerian PUPR mengharapkan penggunaan transaksi nontunai di gerbang tol dapat mencapai 50 persen.

Dengan demikian, ke depan angka tersebut dapat segera meningkat ke 100 persen. Saat ini, bank sentral terus memonitor agar angka tersebut terus meningkat hingga Oktober 2017 tersebut.

Dengan demikian, sisa waktu tiga bulan menjelang Oktober 2017 diharapkan penggunaan transaksi nontunai dapat terus meningkat secara signifikan.

"Kami optimis tiga bulan ini dari Juli sampai Oktober 2017 cukup yakin pengguna jalan tol bisa (memanfaatkan transaksi) nontunai," ungkap Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com