Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rini Soemarno Minta Bos-Bos BUMN Jangan Cuma Cari Untung

Kompas.com - 07/07/2017, 16:00 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengaku akan tetap menggembleng keras para direksi BUMN. Ia mengingatkan, tugas BUMN bukan hanya soal mencari keuntungan semata.

"Tapi juga bagaimana kita juga bisa berberkontribusi secara nyata dan terlihat kepada masyarakat," ujarnya saat mengumpulkan para direktur utama BUMN dalam sebuah acara di Jakarta, Jumat (7/7/2017).

Menurut Rini Soemarno, peningkatan kinerja BUMN memang harus terus ditingkatkan. Namun bos-bos BUMN tidak boleh lupa kehadiran BUMN juga harus mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Rini mengakui kerap diingatkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani bahwa belanja modal BUMN belum cukup besar untuk ikut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional lebih tinggi.

Selain itu, BUMN juga dituntut berkontribusi lebih, tidak hanya berkombinasi membayar dividen atau hanya sekedar membayar pajak kepada negara.

"Jadi kalau perekonomian Indonesia ini tidak tumbuh secara positif kita bisa disalahin. Itu saya peringatkan," kata Rini.

Hari ini, Rini sendiri melakukan rotasi sejumlah pejabat administratif dan pengawas di lingkungan Kementerian BUMN. Puluhan direktur utama diundang dalam acara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com