Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekraf: Kualitas Konten Digital Lokal Kian Meningkat

Kompas.com - 09/07/2017, 16:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memandang kualitas Konten digital buatan lokal mengalami perkembangan yang signifikan.

Tak hanya itu, Bekraf juga bangga karena banyak kalangan muda yang menjadi penggagasnya.

Latar belakang ini yang mendorong Bekraf mengadakan Bekraf Developer day (BDD) di beberapa kota besar di Indonesia.

BDD menjadi ajang interaksi antara praktisi industri digital yang sudah sangat berpengalaman dengan developer pemula.

Bekraf sebagai bagian dari pemerintah memberikan stimulasi dan pendampingan bagi developer muda yang memang serius untuk mengembangkan ide-idenya.

Sehingga, BDD diharapkan bisa melahirkan banyak tenaga kerja yang sesuai kebutuhan industri serta semakin bertambahnya produk-produk ekonomi kreatif digital," kata Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari dalam pernyataan resmi, Minggu (9/7/2017).

Menurut Hari, Indonesia memiliki prospek yang sangat cerah dalam bidang industri digital. Tak hanya dari sisi kuantitas developer yang sangat banyak, pegiat teknologi digital juga semakin kreatif dan beragam.

“Yang menarik, perkembangan teknologi di digital banyak mengambil konsep dari kearifan lokal. Nah, konsep inilah yang jarang dimiliki oleh industri digital negara lainnya,’’ tutur dia.

Adapun Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM) Eko Indrajit meminta para pelaku perusahaan rintisan atau startup memiliki mental yang kuat saat merintis usahanya. Ini penting, karena tidak mudah menembus persaingan di industri kreatif digital.

"Namanya entrepreneur itu tidak usah takut berapa kali jatuh, yang penting berapa kali bangun (bangkit, red),” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com