Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tinjau Pelabuhan Balikpapan, Menhub Terima Keluhan Buruh Bongkar Muat

Dalam tinjauannya tersebut, Menhub Budi Karya menyempatkan diri berdialog dan santap pagi bersama nelayan, tenaga kerja bongkar muat (TKBM), pengusaha, dan pelaku bisnis transportasi laut.

Pada kesempatan itu, Budi menerima masukan dan keluhan dari berbagai pihak. Salah satu pihak yang menuangkan keluhannya tersebut adalah perwakilan TKBM yang bernama Sukoco.

Ia mengeluhkan mengenai nasib buruh TKBM yang upahnya diturunkan dari sebelumya Rp 125.000 per unit menjadi Rp 35.000 per unit.

"Sebelum tarif diturunkan, pendapatan kami belum sampai UMR. Sekarang diturunkan lebih (tidak masuk UMR)," ujar Sukoco, Jumat (14/7/2017) pagi.

Oleh karena itu, Sukoco meminta kebijakan dari Menhub agar nasib buruh TKBM dapat diperjuangkan. Menanggapi keluhan tersebut, Budi mengakui permasalahan mengenai TKBM memang dilematis.

"TKBM ini memang dilematis. Kemarin kita tertibkan karena yang untung pengusahanya, tapi buruh tidak untung," tutur Budi.

Oleh karena itu, Budi meminta semua pihak yang berkaitan dengan TKBM dapat menerima semua masukan dan membuat perhitungan yang sesuai. Sehingga, diperoleh besaran upah yang pantas untuk setiap kontainer.

Namun demikian, Budi mengaku pula bahwa upah yang terlalu mahal juga tidak baik bagi pelabuhan di Balikpapan. Pasalnya, ini dapat menurunkan daya saing.

Selain itu, ia juga meminta agar upah yang dikenakan sesuai dengan layanan yang diberikan. Sehingga, para buruh TKBM juga harus memastikan kinerjanya secara riil.

"Di satu tempat dulu sampai Rp 180.000, sekarang silakan dihitung saja. Kalau kemahalan menjadi tidak kompetitif, kita ingin kalau ada bayar ada service," jelas Budi.

https://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/07/14/103325126/tinjau-pelabuhan-balikpapan-menhub-terima-keluhan-buruh-bongkar-muat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke