Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ASDP Siapkan Kapal Khusus untuk Angkut Truk

Hal ini disiapkan untuk mendukung program pemerintah terkait truk yang diangkut melalui kapal roro Jakarta-Surabaya. 

Direktur Utama ASDP Ferry Indonesia, Faik Fahmi mengatakan, saat ini kapal yang ada belum dapat menampung truk dalam jumlah yang banyak. Sehingga, biaya logistik melalui kapal masih tinggi. 

"Karena selama ini, biaya belum bisa kami tekan karena kapal tidak spesifik untuk truk. Jadi untuk penumpang dan truk. Kami lagi cari yang memang operasinya untuk truk, yang nanti ongkosnya bisa rendah," ujar Faik saat ditemui di Kantor Pusat ASDP Indonesia Ferry, Jakarta, Selasa (18/7/2017). 

Mantan Direktur Komersial PT Angkasa Pura II (Persero) ini menjelaskan, kapal yang didatangkan dapat menampung hingga 200 truk. Saat ini dengan kapal yang ada hanya dapat menampung 90 truk. 

"Saya sedang mencari kapal yang efisien angkutan logistik truk. Kalau 90 truk kurang efektif, saya mau mengangkut 200 truk dan dengan kecepatan bersaing darat," terang dia. 

Faik menambahkan, pengadaan kapal khusus untuk truk ini, didatangkan secara bertahap. Dalam hal ini, pengadaan kapal khusus truk ini masuk ke dalam 50 kapal yang akan didatangkan perseroan untuk lima tahun ke depan. 

"Tahun ini sudah kami tender, dengan galangan domestik," pungkas dia. 

https://bisniskeuangan.kompas.com/read/2017/07/18/164645326/asdp-siapkan-kapal-khusus-untuk-angkut-truk

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke