Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Ekspedisi Disambut Hangat di Sabang

Kompas.com - 04/07/2008, 13:50 WIB

PULAU RONDO, JUMAT - Tim ekspedisi Garis Depan Nusantara mendapat hiburan tersendiri saat berkunjung ke Pulau Sabang, dalam perjalanannya menyusuri pulau-pulau terluar nusantara. Betapa tidak, kedatangan KM Deklarasi Djuanda yang membawa mereka disambut dengan hangat layaknya pejabat.

Seperti dituturkan Haris Mulyadi, komandan operasi ekspedisi ini, tim disambut langsung oleh Wakil Walikota dan diterima komandan Lanal beserta kepala-kepala dinas di Sabang daat tiba di Sabang, Selasa (1/7) lalu. Mereka tiba sekitar pukul 12.00 WIB.

Haris menceritakan kehadiran mereka disambut dengan tarian-tarian adat. Tak ketinggalan pula karangan bunga, mereka diperlakukan layaknya pejabat yang sedang mengadakan kunjungan ke daerah.

Tim KM Deklarasi Djuanda sendiri beranggotakan enam orang. Diantaranya, Dan Op Haris, Ayong, Sambas, Didi Sugandi, Eko Nugroho, dan antrolopog Universitas Padjadjaran Rini Soemarwoto. Mereka pun kemudian diajak berkeliling ke tempat wisata yang ada di Sabang, termasuk ke daerah KM 0 Indonesia. Selama empat hari di sana, mereka benar-benar menikmatinya sebagai "liburan".

Setelah berada di Sabang selama tiga hari, tim melanjutkan ekspedisi pulau terluar ke Pulau Rondo. Seharusnya ekpedisi diarahkan ke Pulau Benggala. Namun setelah mendapat informasi dari navigasi marinir AL, tim akhirnya mendahulukan ekspedisi P.Rondo.

"Benggala itu pulau karang. Kita mendapat informasi navigasi marinir bahwa pulau itu sulit untuk didarati dan setelah kita menghitung-hitung jarak, kita arahkan ke Pulau Rondo terlebih dahulu," jelas Haris.(M11-08)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com