Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Sedekah Laut, Ratusan Warga Marunda Adakan Tahlilan

Kompas.com - 19/07/2008, 11:19 WIB

JAKARTA, SABTU - Ratusan warga Marunda Kepu, Cilincing, Jakarta Utara sedang melakukan tahlilan dalam rangka acara sedekah laut yang akan mereka laksanakan sekitar pkl. 14.00 WIB siang nanti.

"Setiap bulan rejeb kami melakukan ritual sedekah laut untuk keselamatan dan melimpahnya hasil laut." ungkap Tiarom, ketua panitia acara ini. Sesaji berupa buah-buahan dan kepala kerbau saat ini sedang dihias dan diletakkan di depan rumah salah satu warga.

Rencananya, acara ini juga akan diikuti oleh nelayan dari kampung lainnya seperti Kali Baru, Cilincing, dan Marunda Bidara. Selain menghias sesaji, saat ini warga juga sedang melakukan tahlilan di bawah tenda dipimpin seorang kyai. Sesaji menurut rencana akan dilarung di tengah laut dan  diperebutkan oleh warga.

Sedekah laut merupakan kegiatan rutin tahunan yang mulai diadakan di Marunda sejak tahun 2000. Kegiatan ini konon dilakukan juga untuk menghormati Budik Basu (penjelmaan ikan) yang tinggal di laut dekat Marunda dan melindungi laut tempat para nelayan mencari ikan. Selain itu juga untuk menghormati Dewi Sri, saudara perempuan Budik Basu. C8-08

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com