Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips untuk Menyimpan Daging Beku

Kompas.com - 11/12/2009, 18:24 WIB

KOMPAS.com - Kadang-kadang kita sengaja membeli daging beku di supermarket, dengan harapan kita dapat mengolahnya belakangan. Namun, perhatikan dulu bagaimana cara Anda menyimpannya di lemari es, agar daging bisa tahan lama.

* Sebelum dimasukkan ke lemari es, bungkus rapat daging dengan plastik kedap udara.

* Simpan di freezer dengan suhu (idealnya) -18°C.

* Simpan dengan rapi, tidak bertumpuk, dan tidak terlalu banyak.

* Jika Anda ingin mengolah daging tersebut, biarkan daging itu mencair di bagian tengah lemari es (bukan freezer) dengan suhu menjadi -1°C. sampai +4°C.

"Jadi jika besok Anda berniat mengolah daging, sehari sebelumnya turunkan daging yang beku di tempat yang tidak terlalu dingin, agar mencairnya tidak tiba-tiba. Soalnya perubahan suhu yang terlalu cepat ini bisa membuat gizinya hilang," ujar Isye Iriani, Country Representative Meat & Livestock Australia untuk Indonesia.

* Anda bisa saja mencairkan daging dengan mengeluarkannya dari kulkas, atau dalam suhu ruang. Proses mencairnya memang cepat, tetapi waktu dimakan daging biasanya terasa keras.

* Segera masak begitu daging mencair.

* Daging yang sudah dikeluarkan dari freezer untuk diolah sebagian (sudah mencair), sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam freezer lagi (dibekukan lagi). 

* Jika kesemua tips ini dilakukan dengan kondisi yang benar, daging beku dapat disimpan selama 6 bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com