Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonomi Membaik, Harga Emas Melorot

Kompas.com - 12/07/2010, 10:46 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com — Pagi ini, harga emas di Asia mengalami penurunan. Kondisi itu disinyalir disebabkan oleh turunnya permintaan logam berharga itu karena kian membaiknya perekonomian global.

Pada pukul 09.14 waktu Singapura, kontrak harga emas untuk pengantaran cepat mengalami penurunan 0,2 persen menjadi 1.208,95 dollar AS per ouncetroy. Sementara kontrak harga emas untuk pengantaran Agustus di New York tak banyak mengalami perubahan di posisi 1.209 dollar AS per ouncetroy.

"Diperlukan adanya dorongan agar emas bisa keluar dari level sekarang," jelas Chae Un Soo, trader KEB Futures Co. Dia menambahkan, kian berkurangnya kekhawatiran akan perekonomian global membuat minat investor terhadap emas menjadi hilang.

Sekadar informasi saja, sejak April 2009, para hedge-fund manager dan spekulan sudah jarang bertaruh di emas. Alhasil, jumlah aset yang tersimpan pada SPDR Gold Trust mengalami penurunan sebesar 1,52 metric tons menjadi 1.314,51 ton.

Kendati begitu, harga emas diperkirakan akan menuju kenaikan seiring adanya keinginan investor untuk mengamankan kekayaannya dari guncangan finansial yang melanda Eropa. Sekitar 13 dari 20 atau 65 persen trader, investor, dan analis yang disurvei Bloomberg memprediksi harga emas akan mengalami kenaikan pada minggu ini. Sementara empat analis memprediksi penurunan harga emas, sedangkan tiga lainnya netral. (Kontan/Barratut Taqiyyah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com