Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inalum Raih Laba 101 Juta Dollar AS

Kompas.com - 31/08/2010, 09:29 WIB

MEDAN, KOMPAS.com — PT Inalum, yang memproduksi ingot (timah batangan), meraih laba bersih pada 2009 sebesar 101 juta dollar AS dan diharapkan tahun ini akan meraup laba lebih besar seiring kian meningkatnya harga di pasar dunia.

"Keuntungan yang diperoleh itu tidak terlepas dari stabilnya produksi, operasional yang baik dan lancar dikarenakan tingginya permukaan air Danau Toba pada level 904 meter dari permukaan laut," ungkap Direktur Umum dan SDM PT Inalum, Ir Nasril Kamaruddin, di Medan, Senin (30/8/2010) malam.

Seusai acara buka puasa bersama dengan jajaran pers di Sumatera Utara, yang juga dihadiri para direksi perusahaan patungan Indonesia-Jepang itu, Nasril mengutarakan keyakinannya PT Inalum akan berkembang lebih baik.

Pada 2009 produksi perusahaan peleburan timah yang berlokasi di Tanjung Gading, Kabupaten Batubara, tersebut mencapai 256.000 ton dan tahun ini telah direncanakan pencapaian produksi 254.000 ton.

Menyinggung akan berakhirnya kerja sama Indonesia-Jepang pada 2013, pihak manajemen PT Inalum menyatakan perusahaan akan tetap eksis.

Perusahaan yang telah berdiri sejak 35 tahun lalu itu, menurut Nasril, selama ini juga memberikan perhatian yang cukup besar terhadap warga di beberapa kabupaten melalui program pemberdayaan masyarakat.

Bantuan kegiatan kemasyarakatan yang diberikan perusahaan itu di antaranya perbaikan sejumlah rumah sekolah, rumah ibadah, kesehatan, beasiswa, peralatan pedagogik, pemberdayaan nelayan, dan modal bergulir untuk usaha kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com