Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI Minta Taiwan Klarifikasi Indomie

Kompas.com - 13/10/2010, 20:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menyatakan, Indonesia meminta Taiwan segera mengklarifikasi bahwa produk mi instan Indomie aman dikonsumsi.

Seusai menghadiri pembukaan Trade Indonesia Expo (TIE) oleh Wakil Presiden Boediono di Jakarta, Rabu (13/10/2010), Mari Elka Pangestu menegaskan, semua produk mi instan Indomie, baik untuk pasar domestik maupun mancanegara termasuk Taiwan, aman untuk dikonsumsi.

"Intinya kalau mengenai Indomie, kami ingin sekali lagi menjelaskan bahwa untuk dalam negeri maupun luar negeri, produk Indomie itu aman," kata Mari.

Dia mengatakan, Taiwan dan Indonesia mempunyai standar berbeda dalam urusan pangan, terutama mi dan kecap. "Kedua standar tersebut sama-sama diakui secara internasional. Hal itu berarti Indomie yang dipasarkan ke Taiwan aman untuk dikonsumsi masyarakat di sana," kata Mari menegaskan.

Ia menambahkan, Indomie yang ditarik dari supermarket oleh BPOM Taiwan ternyata bukan produk yang dipasarkan untuk negara tersebut. "Memang ada yang ditemukan yang ternyata produk Indomie yang sebetulnya tidak ditujukan untuk pasar Taiwan. Jadi itu sebetulnya yang terjadi," tutur Mari.

Terkait itu, ia mengatakan, dirinya telah berkomunikasi dengan BPOM Taiwan dan meminta pihak Taiwan untuk segera mengklarifikasi yang sebenarnya terjadi. "Yang ingin dihindari adalah persepsi bahwa produk Indomie itu tidak aman dikonsumsi oleh konsumen, padahal itu tidak benar. Jadi kita minta klarifikasi, minta Badan POM dari Taiwan untuk mengeluarkan klarifikasi mengenai hal ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com