Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kredit Korban Merapi Diputihkan

Kompas.com - 29/11/2010, 08:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah berjanji akan melakukan pemutihan kredit terhadap masyarakat penerima Kredit Usaha Rakyat atau KUR yang tertimpa musibah letusan Gunung Merapi. Demikian diungkapkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil  Menengah (Menkop dan UKM), Syarifuddin Hasan saat ditemui di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, Sabtu (27/11/2010).

Saat melakukan tinjauan ke Merapi, Syarifuddin Hasan menilai banyak koperasi sapi perah, dan masyarakat kehilangan sapi serta bangunan koperasinya.

"Ada Koperasi Sarono yang berada di radius 4 kilometer di mana 1.200 sapi di sana mati dan gedung koperasinya hancur. Hal seperti itu, maka kreditnya akan diputihkan," kata Syarifuddin.

Selain itu, ia pun mengatakan akan kembali merehab 15 pasar rakyat di Merapi yang hancur akibat letusan Gunung Merapi. "Kita harus kembali hidupkan perekonomian rakyat, dengan kembali membangun tempat-tempat perekonomian di sana," katanya.

Dari tiga bencana yang melanda Indonesia saat ini, Wasior, Merapi, dan Mentawai, Kementerian Koperasi dan UKM mencatat sekitar Rp 59 triliun dana bantuan yang bergulir untuk masyarakat ke tiga wilayah tersebut melalui bantuan UKM.

"Kita akan anggarkan dalam APBN P 2011 untuk pemulihan perekonomian dan rekonstruksi. Kita sangat berempati terhadap para korban bencana tersebut," katanya. (Adi Suhendi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com