Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Tampung Kopilot Mandala

Kompas.com - 13/01/2011, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Maskapai Garuda Indonesia ternyata juga menampung pilot Mandala. Namun, pihak Garuda hanya mau menampung mereka untuk dijadikan kopilot, bukan kapten pilot.

Menurut salah seorang pilot Mandala, saat ini sudah ada delapan kopilot Mandala yang sudah disekolahkan Garuda. Mereka di sekolahkan untuk menaikkan rating dari rating pesawat Airbus A320 (seperti yang dioperasikan Mandala) ke pesawat Airbus A330 (seperti yang dioperasikan Garuda).

"Teman-teman itu sudah disekolahkan sekitar sebulan. Mereka nanti akan jadi kopilot di Garuda. Kabarnya akan ada batch (gelombang) kedua,” ujar pilot yang tak mau disebutkan namanya itu kepada Angkasa.

Kerja sama antara Mandala dan Garuda ini disebut-sebut akan berlaku selama dua tahun dan kemudian pilot harus balik ke Mandala bila maskapai ini membutuhkan. Waktu dua tahun itu juga akan mengurangi jumlah tahun kontrak pilot tersebut di Mandala.

Direktur Utama Mandala Diono Nurjadin memang menyatakan tidak akan melepas pegawainya karena merasa Mandala masih bisa diselamatkan. Namun, dia akan membantu menyalurkan pilot ke maskapai yang mau diajak kerja sama operasi.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari Pujobroto, VP Corporate Communication Garuda Indonesia.

Selain Garuda, Mandala juga meminjamkan pilotnya ke maskapai Tiger Airways  yang sahamnya juga dipegang oleh Indigo Partners, pemegang saham Mandala. Sudah sekitar tiga bulan delapan pilot Mandala dipekerjakan di maskapai Singapura tersebut. Kerja sama itu akan berlangsung selama enam bulan. (Angkasa/Gatot R)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com