Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Tertopang Krisis Mesir

Kompas.com - 31/01/2011, 11:55 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Harga emas melanjutkan reli hari keduanya seiring memanasnya situasi di Mesir. Ketegangan tersebut memicu kecemasan kalau-kalau kerusuhan bisa menyebar ke bagian lain di Timur Tengah sehingga mendorong permintaan terhadap emas sebagai safe haven.

David Lennox, analis sumber daya dari Fat Prophets, menyebutkan, pada dasarnya ini terjadi bukan karena faktor di Mesir saja, melainkan juga karena kondisi di seluruh wilayah. "Jika melihat negara-negara lain di sekitar Mesir, mereka cenderung memiliki jenis struktur pemerintahan yang sama," ujar David.

Namun, emas tetap berpeluang terkoreksi seiring dengan indikasi adanya pemulihan ekonomi global. Indeks Conference Board sebagai indikator utama ekonomi AS naik 1 persen pada Desember. Ini merupakan kenaikan yang keenam kali berturut-turut.

Pergerakan harga emas untuk kontrak pengiriman April 2011 di Divisi COMEX bursa NYMEX-AS sempat melaju ke level 1.347,2 dollar AS per troy ounce pada pukul 06.59 WIB.

Namun, per pukul 11.13 WIB siang ini, harganya sedikit turun ke 1.339,5 dollar AS per troy ounce, atau di bawah posisi penutupan akhir pekan lalu yaitu 1.341,7 1.347,2 dollar AS per troy ounce. (Kontan/Dupla Kartini)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com