Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KKP Gandeng Carrefour Pasarkan Ikan Murah

Kompas.com - 08/03/2011, 11:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk meningkatkan kinerja serta mendukung promosi dan pemasaran produk kelautan dan perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng Carrefour.

Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad mengatakan, terjalinnya hubungan KKP dan Carrefour merupakan bentuk keberpihakan peritel modern terhadap pentingnya masyarakat memperoleh produk perikanan yang segar dengan harga terjangkau.

"Carrefour dengan sistem jaringan logistik dan distribusi kuat dapat menjadi mitra strategis UKM sektor kelautan dan perikanan dalam mendukung distribusi produk-produk perikanan ke seluruh wilayah nusantara," ujar Fadel Muhammad.

Direktur Utama PT Carrefour Shafie Shamsuddin menjelaskan, Farmer and Fishermen Week memiliki tujuan mempromosikan produk-produk lokal yang segar dan berkualitas, seperti ikan, sayur, dan daging. Carrefour juga berkomitmen mendukung pengembangan para UKM untuk dapat menembus industri ritel modern.

Kegiatan Farmer and Fishermen Week secara serentak dilakukan di 81 gerai Carrefour di seluruh wilayah Indonesia dan berlangsung selama dua minggu, 2-15 Maret 2011, diikuti 37 pemasok dan asosiasi pembudidaya ikan serta petani.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi KKP, Yulistyo Mudho, menyebutkan kegiatan Farmer and Fishermen Week merupakah salah satu bentuk konkret KKP dalam mengatasi permasalahan distribusi produk perikanan.

"Kerja sama ini menjadi sarana UKM perikanan untuk meningkatkan produksi karena adanya dukungan pasar industri ritel modern, baik hipermarket, supermarket, maupun minimarket," paparnya.

Konsumsi ikan nasional pada tahun 2010 telah mencapai 30,47 kg per kapita per tahun, meningkat sebesar 4,78 persen dibandingkan dengan tahun 2009. Untuk meningkatkan gizi dan protein hewani masyarakat, di samping meningkatkan penyerapan produk perikanan di pasar domestik, KKP menargetkan konsumsi ikan nasional sebesar 38,67 kg per kapita per tahun pada tahun 2014. (Srihandriatmo Malau)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com