Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merpati Beli 20 Pesawat dari PTDI

Kompas.com - 04/07/2011, 19:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) berencana membeli 20 pesawat jenis N-219 dari PT Dirgantara Indonesia (DI). Hal ini akan mulai dilakukan pada tahun 2015 mendatang.

"Di business plan kita sampai (tahun) 2020 ada kebutuhan 20 unit pesawat yang 20 seater. Nah. PTDI memproduksi itu. Dan, mampu tadi dalam pembicaraan kita mampu memproduksi di tahun 2014, 2015 ke depan, on work," ujar Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) Sardjono Jhony Ciptokusomo, usai menghadiri rapat kerja dengan sejumlah kementerian terkait PMN, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/7/2011).

Ia mengungkapkan, hal ini sebagai bagian dari penggalakan sinergi antar-BUMN. Dan, ia pun menyetujui jika Merpati akan menggunakan produk dalam negeri. "Kalau tadi dibilang 4 juta dollar AS satunya, maka kurang lebih sekitar 80 juta dollar AS," tambahnya.

Untuk dana tersebut, ia belum bisa menyebutkan dari mana sumbernya. Pembelian pesawat ini tidak akan menggunakan dana yang didapatkan dari PMN (Penyertaan Modal Negara) sebesar Rp 561 miliar. Tapi, ia menuturkan, adanya niat merupakan hal yang pertama.

Pembelian 20 unit pesawat ini diperkirakan akan terpenuhi dalam tiga tahun, dengan tujuh pesawat per tahunnya. Pesawat ini rencananya untuk lebih menjangkau daerah-daerah perbatasan. "Supaya masyarakat di daerah-daerah perbatasan tidak merasa dikucilkan, tidak merasa ditinggalkan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com