Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membantu Keuangan Keluarga Adik

Kompas.com - 01/08/2011, 13:07 WIB

Tanya: Assalamualaikum, Ustaz. Saya punya dua saudara perempuan. Keluarga mereka hidup dalam kekurangan, padahal suami-suami mereka pintar dan hebat dalam mencari uang. Tapi mereka berdua punya hobi aneh. Yang satu kalau dapat uang suka dipakai hura-hura, sementara yang satu lagi punya hobi memancing berhari-hari. Karena saya secara ekonomi mampu, maka saya kerap membantu mereka. Namun, mereka jadi keenakan karena terus disubsidi. Apa yang harus saya lakukan? (Agni Indrawati, Malang)

Jawab: Sobat Agni yang baik, apa yang Saudari sudah lakukan untuk membantu saudara, keluarga, dan kerabat merupakan sikap yang sangat terpuji, bahkan sangat dianjurkan dalam Islam.

Allah SWT berfirman: "Mereka bertanya kepadamu tentang apa yang mereka infakkan. Jawablah: Apa saja harta yang kamu infakkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Apa saja kebajikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 215)

"…Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil, dan hamba sahayamu." (QS. An-Nisa: 36)

Ayat-ayat ini menjelaskan secara ringkas tentang anjuran berbuat baik dan memberi bantuan kepada keluarga dan kaum kerabat. Bahkan Allah SWT mendahulukan keperluan mereka atas kelompok lain, seperti orang miskin, anak-anak yatim, ibnu sabil dan lain sebagainya.

Untuk itu, apa yang telah dilakukan oleh sobat Agni selama ini sudah baik dan tepat. Adapun masalah yang berkaitan dengan sikap-sikap yang kurang baik dan bijak yang dilakukan oleh suami-suami saudara-saudara Agni, maka tugas saudari hanyalah mengingatkan dan menyampaikan nasihat yang baik kepada mereka sehingga mudah-mudahan mereka akan berubah. Wallahu a’lam bi ash-shawab. (Rumah Zakat)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com