Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Inalum Bisa di Bawah 700 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 09/09/2011, 11:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pusat Investasi Pemerintah (PIP) berharap nilai jual Inalum, pusat pengolahan alumunium di Sumatera Utara, bisa di bawah nilai bukunya, 700 juta dollar AS (Amerika Serikat) atau Rp 5,95 triliun, dengan asumsi nilai tukar Rp 8.500 per dollar AS.

Meski demikian, PIP tetap yakin bisa memenuhi target pemerintah untuk mengambil alih Inalum yang akan habis masa kontraknya pada tahun 2013.

"Saya belum bisa menentukan harga akan lebih rendah atau lebih tinggi dari nilai buku. Namun, kami siap untuk itu," ujar Kepala PIP, Soritaon Siregar, di Jakarta, Jumat (9/9/2011).

Untuk mempersiapkan dana pembelian Inalum itu, pemerintah merencanakan menanamkan modal tambahan pada PIP pada tahun 2012, sekitar Rp 4 triliun.

Dengan suntikan dana ini, PIP diharapkan dapat mengembangkannya dengan beragam investasi. Namun, kucuran modal baru ini masih perlu mendapatkan persetujuan DPR RI.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, di sisi Indonesia, pemerintah harus mempersiapkan segala sesuatunya antara sekarang hingga masa pengalihan tersebut pada 2013. Jepang sendiri berkeinginan tetap ikut mengelola Inalum meskipun ada pengurangan kepemilikan sahamnya.

"Opsinya yang diinginkan oleh Menteri BUMN adalah Inalum harus dialihkan ke BUMN. Tetapi, instruksi Wakil Presiden jelas, Inalum harus dikelola oleh perusahaan baru yang ditender," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com