Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Sriwijaya Air Normal

Kompas.com - 10/10/2011, 08:59 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kerusakan sistem jaringan telekomunikasi milik PT Telkom Tbk yang menurut juru bicara Garuda Indonesia, Pujobroto, menyebabkan kegagalan sistem tiket milik Garuda Indonesia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta ternyata tidak terjadi pada maskapai Sriwijaya Air yang terbang dari Terminal 1.

Senior Corporate Communication Manager Sriwijaya Air Agus Soedjono saat dihubungi mengatakan, keberangkatan Sriwijaya Air pada Senin (10/10/2011) pagi ini berlangsung normal. "Tidak dilaporkan adanya keterlambatan akibat kerusakan sistem dalam penerbangan kami," kata dia.

Manajer Media Garuda Indonesia Ikhsan Rosan menengarai, masalah teknis terjadi pada jaringan komunikasi milik PT Telkom Tbk, tepatnya pada koneksi dari coreswitch menuju arah Terminal 2 Cengkareng. "Ada koneksi yang terputus di salah satu IP Backhaul-nya Metro-E Telkom," ujar dia.

Dengan demikian, kesimpulan sementaranya, kerusakan jaringan hanya terjadi di Terminal 2. Sementara itu, maskapai yang terbang dari Terminal 1, seperti Lion Air, Batavia Air, dan Sriwijaya Air, tidak terimbas oleh kerusakan sistem telekomunikasi.

Pujobroto menegaskan, gangguan sistem hanya terjadi di Soekarno-Hatta, sementara di bandara lain, seperti Adisutjipto, Ngurah Rai, atau Sam Ratulangi, tidak terjadi gangguan apa pun. "Hanya di Jakarta yang dikerjakan secara manual," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com