Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maret, Maskapai Penerbangan Baru Hadir di Indonesia

Kompas.com - 16/02/2012, 19:11 WIB
Iwan Setiyawan

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com — Industri penerbangan Indonesia akan diramaikan maskapai penerbangan baru dengan hadirnya Pacific Royale Airways. Maskapai penerbangan yang didirikan sejak Februari 2011 ini akan bermain di kelas premium dengan pesawat Airbus A320 dan Fokker 50.

Penandatanganan kerja sama operasional maskapai ini dengan sejumlah pihak dilakukan di ajang Singapore Airshow 2012 di Changi Exhibition Centre, Singapura, Kamis (16/2/2012).

CEO Pacific Royale Samudra Sukardi menyatakan, mereka akan menjalankan jasa penerbangan full service atau kelas premium.

"Saat ini maskapai yang melayani kelas ini di Indonesia hanya ada satu, sedangkan pertumbuhan pasar terus meningkat sehingga kami akan menjadi alternatif baru yang akan mengambil peluang yang masih cukup luas," ujarnya.

Tiga cabang utama

Maskapai ini akan berkedudukan di Jakarta dengan cabang di Surabaya, Batam, dan Medan. Ketiga kota itu akan menjadi penghubung untuk membentuk jaringan koneksi ke sejumlah kota di sekitarnya.

Mantan Vice President Garuda Indonesia Group tersebut mengaku optimistis dengan pasar yang tersedia. Pacific Royale akan mengoperasikan Airbus A320 dari Jakarta ke kota cabang utama, sedangkan koneksi ke kota lainnya akan dilayani pesawat Fokker 50.

Keseriusan bermain di kelas premium ditunjukkan dengan adanya kerja sama dengan perusahaan desain entertainment dan komunikasi asal Amerika Serikat, Lumexis Corporation.

Selain itu, Pacific Royale juga akan bekerja sama dengan Abacus International yang akan menangani teknologi informasi, terutama dalam sistem pertiketan berbasis internet.

Untuk operasionalnya, Pacific Royal berencana mendatangkan empat Airbus A320 untuk jalur domestik dan satu unit Airbus A330-300 untuk jalur regional dan internasional. Untuk pengumpannya, akan digunakan lima Fokker F50.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com