Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inalum Siap Diambil Alih Pemerintah

Kompas.com - 02/03/2012, 12:53 WIB
Stefanus Osa Triyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah mendapatkan laporan dari tim negosiasi, pemerintah siap mengambil alih Inalum sesudah masa kontraknya habis tahun 2013.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa, di Jakarta, Jumat (2/3/2012), mengatakan, posisi Indonesia terkait kinerja Inalum sudah berada dalam on the right track. "Tahun 2013, kontrak Inalum akan segera berakhir. Pemerintah dengan timnya sudah terus melakukan pembicaraan. Kita mempersiapkan diri untuk nantinya mengambil alih Inalum," katanya.

Dalam fase pertama, pemerintah akan menyelesaikan berbagai hal terkait kontraknya. Sesuai dengan persetujuan induk yang ada, Menteri Keuangan akan menyusun langkah-langkah. Entah pendanaannya berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) atau dari dana lain.

Pada prinsipnya, kata Hatta, Inalum akan kembali dikuasai pemerintah. Setelah itu, barulah dipikirkan Indonesia akan bermitra dengan instansi atau negara lainnya. Entah bermitra kembali dengan Jepang, atau beralih terlebih dahulu ke Indonesia dengan mengakhiri persetujuan induk hingga tahun 2013.

"Kita memikirkan perencanaan untuk meningkatkan kapasitas produksi Inalum dan mengaitkan bahan mentah yang ada di Tanah Air kita. Sebagaimana diketahui, PT Antam Tbk sekarang sudah mengembangkan industri bauksit dan alumina di Kalimantan," ujar Hatta.    

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com