Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Jadi Irup Pemakaman Prof Widjojo

Kompas.com - 09/03/2012, 09:43 WIB
Tomy Trinugroho A.

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Wakil Presiden Boediono, Jumat (9/3/2012) siang, sehabis sholat Jumat, rencananya akan menjadi inspektur upacara pada pemakaman ekonom besar Indonesia, Prof Widjojo Nitisastro, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

Widjojo, pemimpin tim ekonomi ketika Presiden Soeharto mulai berkuasa pada akhir 1960-an, meninggal dunia, Jumat dinihari, pukul 02.30, di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Ia wafat dalam usia 84 tahun.

Prof Widjojo Nitisastro lahir di Malang, Jawa Timur, 23 September 1927. Meski lulusan STM, Widjojo akhirnya lulus dari Fakultas Ekonomi. Gelar doktor diperoleh dari Universitas California, Barkeley, AS (1961).

Selama hidupnya, guru besar Universitas Indonesia di bidang ekonomi ini mengabdi di almamaternya, serta mengomando menter-menteri perekonomian kabinet pembangunan semasa Orde Baru. Prof Widjojo antara lain pernah menduduki jabatan Menteri Ekonomi dan Industri (1973-1978; 1978-1983). Ia bahkan lama berkecimpung di bidang perencanaan pembangunan Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com