Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Libur Lebaran Nasabah BRI Tarik Rp 14,7 Triliun

Kompas.com - 30/08/2012, 09:04 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melaporkan bahwa dana yang ditarik nasabah selama libur Lebaran mencapai Rp 14,7 triliun. Jumlah tersebut lebih kecil dari dana yang disiapkan bank BUMN ini yaitu sebesar Rp 17,9 triliun untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya selama tanggal 17-22 Agustus 2012.

"Yang ditarik mencapai Rp 14,694 triliun," ujar Sekretaris Perusahaaan BRI Muhamad Ali dalam siaran pers yang diterbitkan Kamis (30/8/2012) pagi.

Dikatakan Ali, penarikan uang oleh nasabah mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan tahun lalu. Tahun 2011, pada periode libur Lebaran selama tanggal 29 Agustus hingga 2 September, BRI menyiapkan uang tunai Rp 10,1 triliun. Dan, penarikannya mencapai Rp 8,3 triliun. Dengan demikian, terjadi kenaikan penarikan uang tunai yang cukup berarti, yakni sebesar Rp 6,4 triliun.

"Kenaikan penarikan tunai itu tidak lepas dari kian luasnya jaringan layanan BRI di seluruh Tanah Air baik di perkotaan maupun pedesaan," tambah Ali.

Selain itu, kenaikan juga terjadi pada volume transaksi kartu kredit BRI selama libur Lebaran. Pada tahun ini, volume transaksi mencapai Rp 30,6 miliar. Sedangkan tahun lalu transaksi hanya Rp 20,1 miliar. Artinya, ada kenaikan sebesar Rp 10,5 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com