Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu: MRT Jakarta Pakai Dana Hibah dari Jepang

Kompas.com - 11/09/2012, 18:27 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menegaskan bahwa pembangunan Mass Rapid Transportation (MRT) di Jakarta akan memakai dana hibah dari Japan Bank for International Cooperation (JBIC). Semula pembangunan MRT itu akan memakai dana dari Japan International Cooperation Agency (JICA).

"Anggaran dari APBN saya tidak ingat, tapi ada bantuan dari Jepang. Seharusnya JBIC," kata Agus saat ditemui di Rakernas Kadin di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (11/9/2012).

Sekadar catatan, dalam Nota Keuangan RAPBN 2013 disebutkan pada tahun 2011 pemerintah telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 6,8 miliar untuk perencanaan pembangunan MRT. Sementara, pada tahun 2012, anggaran yang ditetapkan pemerintah untuk proyek MRT sebesar Rp 1,6 miliar.

Kemudian pada tahun 2013, direncanakan akan dianggarkan Rp 3,1 triliun untuk pembangunan MRT. Anggaran ini masuk dalam belanja hibah yang diterima pemerintah pada tahun depan dari JICA, Jepang. Tapi ternyata pemerintah meralat dan mengalihkannya ke JBIC.

Menurut Agus, pembangunan MRT itu juga akan ada campur tangan dari Pemerintah Daerah DKI Jakarta. "Menurut saya anggaran untuk MRT ini sudah siap. Tahun depan akan siap," katanya.

Mengenai anggaran yang disediakan pada tahun 2013 sebesar Rp 3,1 triliun, Menkeu mengaku akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum guna menentukan besaran yang dibutuhkan untuk pembangunannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com