Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelayanan Perbankan, Pembiayaan, dan Asuransi Dinilai Unggul

Kompas.com - 29/05/2013, 16:28 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbankan, pembiayaan, dan asuransi dinilai sebagai industri di Indonesia yang memiliki pelayanan prima. Perusahaan-perusahaan yang bergerak pada berbagai bidang itu, memiliki sumber daya manusia (SDM) cakap dengan proses kerja amat teratur.

Chief Executive Officer (CEO) Carre-Center for Customer Satisfaction and Loyalti (CCSL), Yuliana Agung, di Jakarta, Rabu (29/5/2013), mengatakan, pihaknya bersama Marketing Group telah melakukan survei selama Januari-Maret 2013 di Jakarta, Surabaya, Medan, dan Semarang.

"Hasilnya menarik. Indeks kualitas pelayanan perbankan, pembiayaan, dan asuransi unggul sebesar 3,99. Sementara, indeks industri-industri selain itu sebesar 3,96. Kelebihan perbankan, pembiayaan, dan asuransi terletak pada sistem, proses, dan prosedur," kata Yuliana.

"Artinya, proses pada perbankan, pembiayaan, dan asuransi sangat diperhatikan serta diatur. Faktor SDM pun tidak main-main. Mereka memiliki keyakinan, pengetahuan produk, keakuratan, kecepatan, solusi, dan keakurasian dalam bekerja," tambah Yuliana.

Perbankan merupakan industri paling unggul dibandingkan dengan pembiayaan dan asuransi. Meski demikian, industri pembiayaan dan asuransi terus berbenah. Menurut Yuliana, survei sudah dilakukan secara rutin selama sembilan tahun, dengan tujuan meningkatkan kesadaran perusahaan terhadap strategi retensi konsumen.

Survei dilakukan langsung kepada pelanggan. Industri-industri yang disurvei berjumlah 48 kategori. Sebanyak 500 merek diikutsertakan, dan melibatkan 3.000 responden acak dan 3.000 responden booster. Menurut Yuliana, kegiatan itu merupakan survei indeks kualitas pelayanan terbesar di Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com