Wall Street Menguat, Saat Pasar Menunggu Keputusan The Fed - Kompas.com

Wall Street Menguat, Saat Pasar Menunggu Keputusan The Fed

Kompas.com - 19/06/2013, 08:04 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Bursa AS kembali mencatatkan kenaikan pada penutupan Selasa (18/6/2013). Dengan demikian, pergerakan positif Wall Street sudah berlangsung selama dua hari terakhir.

Mengutip situs Bloomberg, pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor's 500 naik 0,8 persen menjadi 1.651,81. Jika diakumulasikan, maka dalam dua hari terakhir kenaikan S&P 500 sudah mencapai 1,5 persen.

Sementara itu, indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,9 persen menjadi 15.318,23. Pada transaksi tadi malam, ada sekitar 5,7 miliar saham yang berpindah tangan. Angka tersebut 8,6 persen lebih rendah ketimbang transaksi rata-rata tiga bulanan.

Pergerakan sejumlah saham turut mempengaruhi bursa AS. Beberapa di antaranya General Electric Co dan Verizon Communications Inc yang reli setidaknya 1,7 persen. Selain itu, ada pula saham Flir Systems yang naik 6,2 persen dan Walter Energy Corp yang naik 17 persen.

Pasar saham AS bergerak positif kendati pelaku pasar saat ini banyak yang menunggu sinyal dari pertemuan Federal Reserve terkait stimulus bank sentral AS itu. "Sepertinya saat ini pelaku pasar tengah mengunyah rumput untuk mencoba membeli waktu. Sudah pasti The Fed akan memangkas nilai stimulus, tapi saya rasa tidak dalam waktu dekat," ungkap John Manley, Chief Equity Strategist Wells Fargo Funds Management.

The Fed menggelar pertemuan sejak Selasa (18/6/2013). Hari ini, Rabu (19/6/2013), Ben S Bernanke dijadwalkan menyampaikan pidato. Salah satu isu yang menguat terkait pertemuan ini adalah tak dilanjutkannya kucuran stimulus, menyusul membaiknya indikator ekonomi Amerika.

Sekadar mengingatkan, The Fed sudah memulai pertemuan dua harinya sejak kemarin. Rabu ini, pimpinan The Fed, Ben S Bernanke, dijadwalkan akan menyampaikan pidatonya.

 


EditorPalupi Annisa Auliani

Close Ads X